SEORANG NELAYAN DITANGKAP OLEH PETUGAS BANDARA SETELAH LANDING

Image result for penumpang pesawat yang merokok dalam pesawat batik air

Berita Nasional , Makassar - Bahar Muhammad, penumpang pesawat Batik Air terpaksa diamankan petugas keamanan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Rabu (27/9). Penyebabnya, dia ketahuan merokok di dalam kabin pesawat saat dalam perjalanan dari Sorong, Papua.

Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 15.10 WITA, atau satu jam setelah pesawat bernomor penerbangan ID-6195 meninggalkan Bandara Domine Eduard Osok Sorong. Pria berprofesi nelayan itu pun langsung diciduk petugas keamanan Aviation Security (Avsec) sesaat setelah pesawat mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Kabid Humas Kepolisian Daerah Sulsel Kombes Dicky Sondani mengungkapkan, saat di pesawat Bahar dilaporkan meninggalkan kursinya menuju toilet. Namun tidak lama berselang, sistem pendeteksi asap pesawat menyala. Ia kemudian ketahuan merokok di dalam toilet dan para pramugari langsung menegurnya.

Selang beberapa lama kemudian , pesawat yang ditumpangi bersangkutan mendarat di bandara Sultan Hasanuddin dan langsung ditangkap petugas keamanan bandara.

“Dia iseng merokok saat buang air di dalam toilet pesawat. Dia mengaku tidak tahu ada larangan,” ujar Dicky.

Bahar sempat diinterogasi selama 2 jam petugas Avsec Bandara Hasanuddin sebelum akhirnya dilepaskan. Dengan catatan, dia wajib menandatangani surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

Dari penyelidikan petugas keamanan, Dicky diketahui beralamat di desa Kapaleo kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara. Dia menumpang pesawat ke Makassar untuk mengunjungi mertuanya di daerah Kariango kabupaten Maros, Sulsel.

Merokok di dalam pesawat tergolong perbuatan yang membahayakan keamanan dan keselamatan penerbangan. Perbuatan ini melanggar Pasal 54 Undang-undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. Hukumannya penjara maksimal lima tahun atau denda Rp2,5 miliar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PSG TUMBANGKAN MU DI OLD TRAFFORD

TEMPAT SPA BAGI KAUM GAY DI JAKARTA PUSAT DI GREBEK POLISI

PENDAKI GUNUNG TERPEROSOK KE DALAM JURANG